Cari Karya disini

Jumat, 07 Mei 2021

Salesmanship & Negosiasi Bisnis: Kemasan, Label dan Jaringan Penjualan

Ada misi sederhana yang ingin penulis capai dengan buku ini yaitu tujuan utama menulis buku ini adalah untuk memberikan bahan bacaan bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah Salesmanship & Negosiasi Bisnis, dan juga diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil yang ingin memajukan bidang usahanya menjadi lebih baik sehingga mampu bersaing dan memiliki daya nilai jual di pasar dan mampu berkembang sesuai harap pelaku usaha. Sebenarnya sudah cukup banyak buku yang beredar di pasar buku yang bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan mereka dalam mengelola, mengatur dan lebih fokus dalam menjalankan kegiatan usaha secara efektif. Buku ini ditulis sebagai pelengkap buku yang sudah ada di pasaran, sebagai media baca bagi pelaku usaha kecil sehingga mereka menjadi lebih paham dalam melakukan pengembangan, perbaikan dan kreatifitas ketika mereka memproduksi produknya melalui label, kemasan dan jaringan penjualan. Harapan penulis dengan membuat atau menulis buku ini dapat dibaca dan dipelajari oleh pelaku usaha kecil dan P-IRT yang selama ini menjalankan usahanya masih dengan cara tradisional dalam mengemas produknya yang dipasarkan kepada konsumen. Sehingga ke depan, pelaku usaha kecil punya gambaran dan persepsi yang lebih baik dalam menyajikan, menampilkan produk mereka dengan membenahi label dan kemasan produknya serta mampu meningkatkan kerjasama sesama pelaku usaha kecil dalam membangun jaringan penjualan mereka. Selain pelaku usaha kecil, buku ini mungkin cocok dibaca bagi khususnya anggota koperasi yang ingin memiliki usaha sendiri secara mandiri, terutama yang berkaitan dengan masalah labe, kemasan dan jaringan penjualannya. Berdasar hal tersebut di atas, buku ini disusun bersumber dari rangkuman berbagai materi pelatihan yang selama ini diberikan kepada anggota koperasi yang menjadi pelaku usaha kecil terutama yang ada keterkaitan dan hubungannya dengan motivasi bagi anggota koperasi dalam membangun usaha kecil dalam upaya meningkatkan kesejahteraan di lingkungan usaha dan keluarga. Topik atau materi lain yang dijadikan bahan dalam kegiatan pelatihan sebagai narasumber dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi : penyuluhan sekaligus pelatihan dalam mendisain label bagi produk usaha kecil yang selama ini masih terbilang tertinggal dibandingkan produk industri modern, melalui perbaikan label maka akan terbuka peluang yang lebih baik bagi industri produk pangan rumahan atau pangan industri rumah tangga yang semakin hari semakin pesat perkembangannya. Selain itu, perbaikan disain pada label produk makanan akan mampu memberikan nilai tambah dan daya saing produk tersebut bagi konsumen dan pasar yang lebih luas. Bidang lain yang menjadi fokus dalam perbaikan produk industri rumah tangga adalah perbaikan bahan, bentuk dan disain kemasan. Seperti produk : kerupuk, terasi, jamu tradisional, makanan/kue kering dan berbagai bentuk makanan olahan lainnya yang kesemuanya dihasilkan oleh pelaku usaha kecil yang menjadi anggota koperasi. Pada materi yang lain juga disajikan mengenai pelatihan penggunaan internet sebagai sarana penjualan online bagi produk anggota koperasi, namun penjualan online lebih menekankan pada penggunaan media sosial yang sekarang semakin ngetrend penggunaannya dikalangan pelaku usaha, media sosial yang disajikan disini sebagai sarana dalam penjualan online adalah Istagram dan Google Plus. Materi terakhir pada buku ini, adalah bahasan mengenai membentuk jaringan usaha bagi pelaku usaha kecil dalam memperluas pasar dan jalinan kerjasama diantara pelaku usaha kecil tersebut, sehingga terbuka peluang dan manfaat yang dapat diambil dengan adanya jaringan usaha tersebut. Kemajuan penggunaan media online tidak dapat dilepaskan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang berkembang belakangan ini. Dengan perkembangan teknologi tersebut diharapkan membawa dampak positif bagi kemajuan usaha khususnya dikalangan pelaku usaha kecil (P-IRT). Dengan jaringan usaha, pelaku usaha kecil memiliki peluang lebih besar dalam memperluas pasarnya, sehingga konsumen yang mereka layani tidak dibatasi oleh ruang, tempat dan waktu. Mengembangkan usaha di era modern, memang membutuhkan sebuah keberanian untuk maju, walau awalnya terlihat sulit, namun dengan menggunakan jaringan usaha, sesama pelaku usaha kecil akan dapat saling bertukar komoditi dan produknya untuk saling bertukar pasar secara jangka panjang, yang pada akhirnya akan memperluas pasar mereka masing-masing.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Author

NarotamaPress

Narotama Press Merupakan lembaga penerbit Universitas Narotama Surabaya yang telah tergabung dalam IKAPI




Contact Us

Nama

Email *

Pesan *